Work-Life Balance Dengan Berkebun

0
42
Ilustrasi Sayuran di Kebun by unsplash
Ilustrasi Sayuran di Kebun by unsplash

Dalam bekerja di bidang apapun suatu saat pasti kita akan bertemu dengan namanya titik jenuh. Untuk menyiasati nya kita perlu memiliki sebuah kegiatan rutin yang membuat kita semangat untuk bekerja kembali.

Dan ini pun saya alami sendiri, pagi sampai sore di depan komputer/laptop, kadang malam hingga pagi hari, sekedar patch website ataupun maintenance website klien. Ditambah beberapa minggu terakhir marathon menjalani beberapa tes dan wawancara kerja di Perusahaan Teknologi Luar Negri.

Meskipun belum ada yang berhasil tembus, tapi coba akan saya ceritakan pada pos selanjutnya ya. Banyak sekali pengalaman dan pelajaran yang saya ambil saat melamar ke Perusahaan Teknologi Internasional.

Pada intinya harus seimbang antara kehidupan dan pekerjaan, jangan kerja bagai kuda tapi melupakan aspek-aspek lain nya seperti kesehatan dan keluarga, isatilah beken nya Work Life Balance.

Beberapa waktu kebelakang saya mikir-mikir kira-kira apa hobi baru yang bisa di geluti, sebelumnya lari/running menjadi kegiatan rutin saya setiap pagi atausore Hhri.

Kemudian sempat kepikiran untuk beli konsol game baru, tapi setelah di pikir-pikir ternyata buat apa, seharian depan komputer/laptop masa beres kerja seharian duduk-duduk lagi melototin tv sambil main game.

Akhirnya saya putuskan untuk berkebun, kebetulan dekat rumah ada kebun nganggur punya orang tua, dan hanya di tanami singkong dan albasia. Berangkatlah Saya ke toko alat perkakas dan membeli seperangkat alat pertanian, seperti cangkul, parang, dan arit, tak lupa batu asahan juga saya beli.

Kesokan harinya giliran ke toko pertanian untuk membeli bibit sayuran, cukup banyak being yang Saya beli, ada bibit bayam, kangkung, wortel, pakcoy, dan jagung manis.

Setelah siap, Saya mulai berangkat ke kebun dan membersihkan rumput alang-alang dan gulma yang tingginya nyaris 3 meter, ya 3 meter Saya tidak salah tulis ini di karena kan memang sudah beberapa tahun kebun di biarkan begitu saja tanpa di urus.

Tak terasa hingga sekarang sudah nyaris satu bulan dan hampir setiap hari Saya menyempatkan untuk ke kebun baik sore maupun sore hari, sekedar membersihkan rumput maupun menanam bibit-bibit sayuran yang sudah Saya beli.

Yang pasti benefit nya 2 kali lipat jika di bandingkan dengan berlari, selain tubuh yang bugar Saya juga bisa dapat sayuran yang segar ! 🙂

Berikan Komentar