Tahun Depan “Coding” Akan Masuk Dalam Pelajaran Sekolah

0
141
Varian Bahasa Pemrograman

Untuk mendorong minat anak-anak muda di Indonesia untuk belajar coding, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara sempat mengutarakan niatnya untuk memasukkan pelajaran coding alias pemrograman ke dalam sekolah-sekolah.

Seperti yang kita tahu Pemrograman selama ini hanya di dipelajari di Tingkat Perguruan Tinggi, itu pun dalam jurusan yang berhubungan dengan Ilmu Komputer seperti Teknik Informatika dan Managmen informatika. Dengan zaman yang kian maju coding/pemrograman menjadi sesuatu yang mutlak untuk dipelajari, sehingga kita tidak hanya sebagai end user aja tapi sebagai pemain juga.

Rudiantara mengaku telah bertemu dengan Menteri Pendidikan, Anies Baswedan membahas masalah tersebut. Dan menurut Rudiantara, pelajaran coding akan diterapkan di jenjang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

SMK yang menjadi sekolah kejuruan tersebut dinilai lebih sesuai dengan minat dan bakat peserta didik.
Rencananya, pelajaran coding tersebut akan dimasukkan ke dalam kurikulum mulai tahun 2016 mendatang.

Rudiantara melihat potensi besar dari generasi muda pencipta aplikasi di Indonesia. Ia menilai, jika saat ini sudah banyak anak-anak muda yang berprestasi dalam hal coding, sementara  pelajaran coding saja belum terdapat di sekolah-sekolah.”Selama ini mereka kan otodidak, kalau otodidak aja seperti ini (banyak prestasi), gimana kalau masuk ke sekolah-sekolah,” Pungkas Rudiantara.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of