Sabalad Embrio

0
188

Resah! adalah kata yang paling pas menggambarkan keadaan beberapa tahun ke belakang. Memikirkan tentang peran kami sebagai pemuda yang notabene tinggal di Desa, dan belum berbuat apa-apa.

Sedikit flash back waktu itu Saya, Ai Nurhidayat, Athif Rohan Natsir, dan satu lagi Indra Taufik Hidayat berkumpul di rumah Ai di Cikubang, Desa Cintakarya untuk sekedar ngopi-ngopi setelah beberapa bulan bergelut dengan tugas-tugas kuliah dan pekerjaan.

Di depan api unggun dan ditemani secangkir kopi obrolan mengalir, ngalor ngidul kesana-kemari namun pada intinya kami memendam “keresahan” yang sama tentang peran dan masa depan kami sebagai pemuda” ke depan nya mau seperti apa?” Seperti itu lah kira-kira gambaran sederhana nya.

Di saat mayoritas pemuda-pemudi lain bermacet-macetan dan euphoria,7 tahun lalu di Penghujung pergantian malam tahun baru 2011 ke 2012 sekelompok pemuda yang resah akan masa depan pemuda-pemudi di Pangandaran berkumpul dan bersepakat membentuk Komunitas Belajar Sabalad, atau yang nantinya lebih di kenal dengan nama Sabalad.

Gagasan tentang Komunitas ini tercantum dalam manifesto Sabalad. Berkas nya masih tersimpan rapih di Rumah Ai. Sejak saat itu frekuensi kumpul-kumpul semakin sering. Teman-teman lain dari wilayah Cigugur, Harumandala, kemudian Parigi dan Pangandaan mulai bergabug.

Masih di rumah Ai hampir setiap malam kami melakukan diskusi dan kajian, bahasan nya pun cukup luas, mulai dari Sosial, Pendidikan, Pertanian, Budaya hingga Politik.

Sudah hampir setahun kegiatan diskusi ini berjalan, masih melekat di ingatan saking asik nya kami berdiskusi tak terasa sudah Subuh saja, dan kami di bentak dan di “usir” oleh ibu nya Ai karena berisik, setiap malam kerjaan nya diskusi terus hehe.

Tidak ada rotan akar pun jadi, di hari-hari dan kesempatan berikutnya kegiatan diskusi bergeser ke saung di kebun pak Dayat yang notabene bapaknya Ai. Dari sini lah cikal-bakal ide membuat tempat khusus untuk berdiskusi dan belajar bersama didapatkan.

Bersambung…

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of