Pelatihan Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan Pemuda

0
62
Peserta Pelatihan Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan Pemuda dari Kab.Pangandaran
Peserta Pelatihan Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan Pemuda dari Kab.Pangandaran

Dalam rangka implementasi RPJMD Prov. Jawa Barat tahun, dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kewirausahaan Pemuda. Hal ini selaras dengan Program yang di jalan kan oleh Gubernur Jawa BArat Ahmad Heryawan, untuk membentuk 100.000 wirausahawan baru hingga tahun 2018 mendatang.

Bertempat di Hotel Baltika Jalan Gatot Subroto Bandung acara di mulai sejak hari senin tanggal 25 Juli hingga rabu tanggal 27 Juli 2016. Peserta yang dilibatkan datang dari berbagai daerah di Jawa BArat, mulai ari Kabupaten Pangandaran, Banjar, Kota Tasikmalaya, Bandung Cimahi dan Karawang.

Simulasi Dalam Pelatihan Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan Pemuda
Simulasi Dalam Pelatihan Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan Pemuda

Peserta yang mengikuti acara ini cukup terbatas tiap Kabupaten mendapatkan jatah sebanyak 7 orang, kecuali untuk kota Bandung sebanyak 18 orang. “Acara pelatihan kewirausahaan ini cukup atraktif dan tidak membuat peserta cepat bosan karena dipadu dengan simulasi kegiatan usaha, sehingga peserta lebih paham mengenai seluk beluk pengelolaan perusahaan” Ujar Heru salah satu peserta dari Kabupaten Pangandaran.

Pemateri sedang menjelaskan tentang Pengelolaan Keuangan Perusahaan

Pemateri sendiri diisi oleh para praktisi yang sudah malang melintang di dunia usaha, yaitu Pa Bim dan Pa RIdwan dari Kadin kota Bandung. Selama 3 hari Pelatihan peserta diberi dan dibekali dengan berbagai materi mulai dari busines plan sampai Pengelolaan perusahaan.

Dari sekitar 50 orang peserta, hampir 70% pesertanya sudah menjalankan usaha lebih dari satu tahun, dan sisanya sebanyak 30% baru akan memulai usaha. Dari yang 70% itu cukup variatif jika dilihat dari kategori usahanya,  mulai dari ritel, fashion, manufaktur, industri kreatif sampai teknologi pun ada.

“Outputnya setelah selesai dari acara ini diharapkan para peserta bisa lebih mandiri dan terampil dalam mengelola usahanya, sehingga bisa bersaing dalam dunia bisnisyang semakin kompetitif” Ujar Hilman selaku Kasi Bina Kewirausahaan Pemuda Provinsi Jawa Barat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of