Cara Membuat Kompos dari Batang Pohon Pisang

0
91
Kompos Batang Pohon Pisang
Kompos Batang Pohon Pisang

Dua bulan terakhir mulai keranjingan pergi ke kebun, melihat banyak pohon pisang yang tergeletak di kebun timbulah ide untuk membuat kompos dari batang pohon pisang ini. Pertama-tama kita membuat box menggunakan kayu ataupun menggali lubang dengan kedalaman 50-70cm sementara untuk panjang dan lebarnya di sesuaikan dengan kebutuhan.

Nah kebetulan di kebun ada kulit kayu sisa tebangan pohon kelapa minggu kemarin, kita coba potong sesuai ukurang yang kita inginkan. Saya sendiri membuat kotak komposter persegi panjang dan untuk memperkuatnya kita patok bagian sisi luar dan dalam nya. Setelah itu kita bersihkan bagian dalam kotak komposter ini dari rumput ataupun alang-alang yang tumbuh.

Dan jika dirasa kurang kamu bisa juga menggali sedikit tanah pada bagian kotak kompos ini untuk menambah daya tampunya. Seperti kita ketahui bersama kompos atau pupuk organik khususnya dari pohon pisang sangat baik untuk tanah. Kompos dari pohon pisang bisa menaikan kadar nitrogen dalam tanah.

Nitrogen sangat berperan baik dalam perkembangan vegetatif dalam tanaman baik itu pada akar batang maupun daunnya. Ok balik lagi ke kotak kompos nya jika sudah selesai ikuti langkah-langkah berikut :

Tempat membuat kompos yang di buat dari kulit kayu kelapa
  1. Ambil batang pohon pisang dan cacah kecil-kecil, semakin kecil potongan semakin cepat proses komposting.
  2. Campur batang pohon pisang yang sudah di cacah dengan arang sekam, maupun serbuk gergaji (opsional).
  3. Tutup cacahan batang pohon pisang dengan plastik dan diamkan selama 1-1,5 bulan.
  4. Setiap 1 minggu sekali bahan kompos bisa di bolak-balik untuk mempercepat prosesnya.

Jika bentuknya sudah berubah seperti tana berarti kompos sudah siap kita gunakan pada lahan ataupun tumbuhan kita. Selamat mencoba!

Berikan Komentar