Estimasi Biaya total Pengembangan Proyek Kerja Sama Linux Foundation

0
31

 

The Linux Foundation, merupakan organisasi yang berdedikasi untuk mendukung pengembangan Linux dan collaborative software lainnya. Organisasi ini dibangun pada tahun 2000 untuk membantu Linus Torvalds, Sang Pembuat Linux, untuk mempromosikan, memelihara dan mempercepat pengembangan sistem operasi Linux dan pengembangan collaborative software dengan memimpin pergerakan anggota komunitas open source. Sejak tahun 2008, Linux Foundation telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan teknologi tingkat dunia dan developer-developer paling berbakat untuk mengembangkan proyek open sourceuntuk berbagai segmen di industri teknologi.

Proyek kolaborasi Linux Foundation dengan perusahaan atau organisasi-organisasi lainnya terbentang dihampir semua jenis teknologi. Proyek hasil kolaborasi tersebut diantaranya: Allseen Alliance, IoTivityAutomotive Grade LinuxCloud Foundry FoundationCloud Native Computing FoundationCode Aurora Forum, Core Infrastructure Initiative, Dronecode, Let’s Encrypt, Node.js Foundation, Open Container Initiative, Open Platform for NFV, OpenDaylight, R Consortium, Xen Project, Open Virtualization Alliance, Yocto Project, dan Tizen. Terdapat lebih dari 500 perusahaan teknologi dan ribuan developer yang berkontribusi pada proyek-proyek ini.

Baru-baru ini, Linux Foundation merilis laporan berjudul “A $5 Billion Value: Estimating the Total Development Cost of Linux Foundation’s Collaborative Projects”. Laporan ini bertujuan salah satunya untuk mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan jika sebuah organisasi ingin membuat ulang teknologi-teknologi kolaborasi Linux Foundation dari awal. Lewat serangkaian penilaian yang dilakukan, akhirnya diketahui jika seluruh proyek open source dibawah proyek kolaborasi Linux Foundation memiliki 115.013.302 baris. Untuk membuat ulang proyek open source di atas, diperlukan 1.356 developer dan 30 tahun sehingga membuat nilai ekonomi proyek-proyek ini bernilai lebih dari 5 miliar dollar.

Laporan yang dikeluarkan oleh Linux Foundation menunjukkan bahwa proyek open source juga dapat memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Informasi lebih lengkap mengenai laporan ini dapat pembaca akses di linuxfoundation.com.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of