Digitalent Scholarship

0
127

Pada tahun 2018 lalu Kemkominfo menyelenggarakan Program Digitalent Scholarship, Program ini di maksudkan untuk menyiapkan talenta yang siap menyongsong Revolusi Industri 4.0. Untuk mengikuti Digitalent Scholarship ini setiap calon peserta diharuskan mendaftar dan selanjutnya mengikuti seleksi Di website Digitalent.

Sebenarnya agak telat saya menulis ini tapi karena padatnya jadwal perkuliahan Digitalent dan berbagai kesibukan lainnya saya baru bisa menulis sekarang. Program Digitalent Scholarship ini mendapat sambutan yang luar biasa dari calon peserta, dari data statistik bisa dilihat yang melakukan pendaftaran Digitalent Scholarship berjumlah 46 ribu orang lebih.

Yang mengikuti seleksi sekitar 20rb orang dan yang diterima hanya 1000 orang saja, 1000 peserta ini disebar Di Empat kampus besar Di Indonesia, yaitu UI, ITB, UGM dan ITS. Ada Empat Program atau materi Yang bisa dipilih oleh Calon Peserta Digitalent Scholarship yaitu Cyber Security, Cloud Computing, Artificial Intelligence dan Big Data.

Kelas Cyber Security dan Cloud Computing di laksanakan Di UI dan ITB, sementara Kelas Artificial Intelligence dan Big data di laksanakan di UGM dan ITS. Saya sendiri sebenarnya iseng-iseng saja saat melakukan pendaftaran, saya memilih Kelas Cloud Computing di Kampus Intitut Teknologi Bandung.

Lalu kenapa saya memilih Cloud Computing? Saya berfikir sangat penting untuk menguasai “infrastruktur” nya terlebih dahulu, karena Artificial Intelligence, Big Data, Dan aspek Cyber Security semuanya berjalan Di atas infrastruktur dalam hal ini Cloud Computing itu sendiri.

Selain itu Cloud Computing ga akan terlalu banyak ngoding nya pikir saya waktu itu :D. Tapi meskipun iseng saya mengikuti semua proses alur pendaftaran nya sampai selesai sehingga saya bisa lulus Dan diterima pada Program Digitalent Scholarship ini.

Kabar baiknya Kemkominfo pada tahun 2019 ini membuka kembali program yang sama dan dengan jumlah kuota yang dinaikan cukup signifikan yaitu 20.000 peserta dengan total anggaran 100 Miliar lebih, jadi tunggui saja ya sampai pendaftaran nya di buka kembali, Good luck!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of