Berkebun di Pekarangan Rumah

0
54
Menanam Sayuran di Polybag
Menanam Sayuran di Polybag

Ah sudah akhir pekan lagi, kadang lupa hari apa sekarang karena memang beberapa bulan terakhir ini kita jarang ke mana-mana, “bukannya dari dulu juga begitu bung?” dengan adanya pademi global ini semakin menjadi-jadi saja haha.. Ya seperti di singgung di pos sebelumnya 2 bulan terakhir ini aku sedang keranjingan pergi ke kebun nyaris setiap hari. Tapi karena musim hujan juga akhirnya dapat ide ya kenapa ga kita coba gitu berkebun di pekarangan rumah.

Berangkatlah sore kemarin ke Toko Pertanian untuk membeli polybag ukuran sedang, sesampainya di sana di sambut mamang-mamang dengan ramah dan di tanya “mau beli apa?” Polybag sahutku, “berapa kilo?” Lha koq kilo, aku kira per pack dalam pikirku, “setengah kilo saja mang” Terus si mamang nanya lagi “ukuran berapa?” Yang sedang saja/medium tidak terlalu besar jawabku, kemudian si mamang dengan sigap memberikan Polybag nya yang ternyata sudah di pack per 1/2 kg.

Sesampainya di rumah aku coba buka packing polybag nya dan ternyata isinya lumayan banyak juga yaitu 26 buah. Selanjutnya aku mulai menyiapkan media tanam yang akan aku isi untuk polybag-polybag tersebut, yang terdiri dari tanah, sisa limbah pabrik sabut kelapa, dan terakhir kompos/pupuk kandang yang di kirim Bapak beberapa hari kebelakang, semuanya di campur dengan perbandingan 1:1:1 untuk setiap bahannya.

Oh ya di untuk kompos juga ga melulu harus pupuk kandang ya, bisa juga di buat dari sisa-sisa bahan makanan/sayuran dari dapur atau pun dari tanaman yang sudah mati. Di posting blog ku sebelumnya sudah di jelaskan bagaimana cara membuat kompos dari batang pohon pisang secara jelas dan gamblang.

Ok Setelah media taam siap aku isi polybag-polybag tersebut satu-persatu dan sampai menjelang maghrib tiba aku dapat sekitar 12 buah polybag, dan rencananya aku akan lanjutkan keesokan hari. Di hari selanjutnya aku isi lagi polybag-polybag yang tersisa, sekalian aku menyiapkan media penyemaian untuk bibit tanaman yang nantinya akan di tanam pada polybag-polybag ini.

Media tanam untuk penyemaian sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan media tanam pada polybag, namun ada persiapan khusus yang harus di siapkan sehingga bibit dapat tumbuh secara optimal, untuk hal ini akan aku jelaskan pada posting blog selanjutnya ya, agar tak ketinggalan silahkan subscribe dengan memasukan email kalian pada kolom subscribe sehingga tidak ketinggalan pos-pos blog ku selanjutnya.

Berikan Komentar